KONFIRMASI BREAKOUT DENGAN VOLATILITAS TINGGI

Market memiliki 3 kondisi utama yaitu trending, sideway, dan breakout. Dari ketiganya, yang paling sulit dipelajari adalah breakout. Trade breakout merupakan kombinasi antara detik-detik terakhir tren dan sideway. Karena para trader tidak tahu kapan market akan membentuk tren, maka trader hanya bisa mengantisipasi serta mengamati kecenderungan munculnya tren di zona support dan resisten. Jika dapat menembus salah satu dari kedua level tersebut, maka harga akan membuat suatu tren. Gambar berikut akan memberikan informasi yang lebih rinci mengenai breakout:




Kuncinya ada pada zona support atau resisten yang berfungsi sebagai pembatas level tertinggi dan terendah harga dalam suatu range.
 Ketika penghambat ini tertembus atau rusak, zona support atau resisten menjadi tak berlaku lagi. Yang terjadi kemudian adalah, harga akan bergerak lebih lama untuk meneruskan pergerakannya setelah menembus batas support atau resisten, atau dengan kata lain, harga sedang membentuk sebuah tren. Jika harga menembus resisten dan bergerak naik, maka ia akan bergerak jauh lebih tinggi. Begitu juga jika harga bergerak turun dan melewati batas support, maka ia akan bergerak lebih turun lagi.

Sayangnya, mempelajari strategi breakout tidak semudah yang Anda bayangkan. Jika dicermati lebih detail, strategi ini mengandung resiko yang besar. Resiko itu terletak pada kemungkinan kembalinya harga ke dalam range setelah berhasil menembus level penghambat. Dapat disimpulkan bahwa tertembusnya level penghambat tidak dapat 100% menjadi patokan untuk harga akan selalu melanjutkan trennya. Karena itu, pemahaman terhadap volatelitas harga sangat diperlukan bagi para pengguna strategi breakout.

Mencari Volatilitas
Jika Anda melihat adanya volatilitas harga yang tinggi, maka itu dapat menjadi gambaran awal terjadinya suatu tren dan akan sangat membantu Anda dalam memvisualisasikan perjalanan tren tersebut. Untuk itu, Anda memerlukan data-data fundamental sebagai acuan terjadinya volatilitas harga. Ketika Anda sudah mengetahui terjadinya volatilitas, Anda dapat melakukan open posisi di saat level penghambat mulai ditembus. Di bawah ini akan ditunjukkan bagaimana strategi breakout dapat diterapkan ketika terjadi news Non-Farm Payrolls:




Dari gambar di atas, tampak bahwa harga mampu menembus zona support yang telah terbentuk. Adanya rilis berita mendorong pergerakan harga menjadi semakin cepat sehingga mampu menembus level penghambat dan bergerak tajam meneruskan penurunannya.

Perlu diperhatikan bahwa breakout akan semakin sering terjadi karena mengikuti volatelitas harga yang semakin meningkat. Anda dapat mengantisipasi terjadinya breakout saat harga berada di zona support atau resisten. Namun perlu diingat, strategi ini juga memiliki resiko yang besar dan jika tidak diminimalisir dapat menghancurkan akun Anda. Gunakanlah manajemen resiko sebagai cara yang efektif untuk menjaga keamanan transaksi Anda dari awal sampai akhir.
KONFIRMASI BREAKOUT DENGAN VOLATILITAS TINGGI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar