LIMA PERTANYAAN UNTUK TRADER KETIKA TERJADI DRAWDOWN

Drawdown bukanlah statement tentang diri kita atau trading kita, drawdown hanyalah bagian dari permainan. Drawdown merupakan bagian dari usaha untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Jika kita menginginkan target keuntungan 50% setahun, maka ada kesempatan kita akan mengalami drawdown 20% sebelum kita mencapainya. Jika kita menginginkan keuntungan tahunan 20% maka kita mungkin harus berurusan dengan 10% drowdown.

Drawdown tidak sepatutnya mengubah ekspektasi positif kita terhadap strategi yang dijalankan. Kita harus tetap bertrading dan mendapatkan sisi lain drawdown, yaitu profitabilitas. Konsistensi adalah kunci dalam dunia trading. Tetaplah percaya diri dan tetap bertrading.
Lima Pertanyaan Sebagai Evaluasi Saat Trader Mengalami Drawdown
1. Apakah Anda mengawasi terlalu banyak hal pada satu waktu?
Jika Anda merasa repot mengawasi beraneka pair dan open position, maka trading And akan memburuk. Kalau begitu, maka lebih baik Anda bertrading dalam pair tertentu saja. Lebih baik menjadi ahli dalam sedikit pair daripada menjadi amatir dalam banyak pair.
2. Apakah gaya trading Anda tidak jelas?
Apakah Anda merasa Anda perlahan-lahan berubah menjadi day trader ketika Anda sebenarnya seorang swing trader? Bertradinglah sesuai dengan kemampuan Anda, jangan biarkan market mengubah Anda.
3. Apakah gaya Anda tidak bekerja?
Sebuah tren dalam pasar yang ranging tidak akan menghasilkan uang hingga ada tren baru berkembang. Jadi bersabarlah, jangan terburu-buru mengubah metode Anda. Tunggulah tren baru terbentuk.
4. Adakah suara eksternal yang mempengaruhi trading Anda? 
Jika Anda merasa trading Anda lebih baik didasarkan pada price action saja, maka mungkin sudah saatnya Anda matikan channel berita dan sosial media selama jam trading. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Anda harus bertrading sesuai trading plan Anda sendiri.
5. Apakah Anda mengalami bias?
Tidak ada yang lebih merusak profitabilitas trader selain terpengaruh bias, dan tidak membiarkan strategi awal bekerja.
Kita harus tetap bersikap terbuka terhadap apa pun yang terjadi pada time frame kita dan bertindak sesuai perubahan yang terjadi. Dimana kita seharusnya selalu memiliki level harga (price) acuan tertentu yang memicu tindakan (action). Janganlah melakukan action jika sesuatu masih dalam perkiraan atau belum terbukti.


LIMA PERTANYAAN UNTUK TRADER KETIKA TERJADI DRAWDOWN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar